Tradisi Lebaran Topat Di Lombok


Di Lombok, kemeriahan lebaran tak hanya selesai di hari pertama bulan syawwal atau di hari raya Idul Fitri saja. Namun puncak kemeriahan hari raya yaitu pada acara perayaan Lebaran Topat. Lebaran topat ini merupakan sebuah tradisi turun temurun di Lombok yang diselenggarakan tujuh hari setelah ldul Fitri sebagai penutup dari pelaksanaan puasa sunnah dari tanggal 2 sampai 7 syawwal.

Tradisi Lebaran Topat ini bukan hanya dirayakn oleh sebagian masyarakat di Lombok, yang diadakan di rumah-rumah dan di masjid dengan mengadakan acara zikiran dan do'a, bahkan kegiatan ini juga diadakan oleh instansi-instansi pemerintahan di masing-masing kabupaten. Misalnya, Pemerintah kabupaten Lombok Tengan melaksanakan kegiatan ini di daerah pantai-pantai selatan seperti di Selong Blanak, Kuta, Pantai Aan dan pada tahun 2017 ini (Ahad, 2 Juli ) dipusatkan di daerah utara Lombok Tengah yaitu di daerah Aik Bukak kecamatan Batukliang Utara. Sedangkan di Lombok Barat dan Kota Mataram kegiatan Lebaran Topat ini biasanya diselenggarakan di Pantai Melase, Batulayar dan Senggigi.
Bagi yang merayakan Lebaran Topat keluar, masyarakat biasanya berkunjung ke tempat-tempat wisata religi seperti makam-makan tuan guru. Misalnya ke Makam Loang Balok Yang berada di Tanjung Karang, makam Kramat di Batu Layar ataupun ke makam-makam tuan guru lainnya, baru setelah selesai berziarah biasanya masyarakat menghabiskan waktu dengan bermain di tempat-tempat wisata seperti di pantai dan menikmati makanan khas Lebaran Topat yaitu ketupat dan opor ayam yang dibawa dari rumah.

Kegiatan Lebaran topat ini juga menarik perhatian dari wisatawan yang berkunjung ke Lombok, baik yang dari luar daerah maupun dari mancanegara. Meraka berbaur merayakan hari kebahagian ini dengan suka cita.
Bukan hanya dipantai saja yang ramai dengan pengunjung, taman-taman wisata dan wisata alam seperti air terjun yang ada di Lombokpun ramai oleh pengunjung, hingga jangan heran terjadi kemacetan di sepanjang ruas jalan yang akan dilalui. 

Silahkan Bagikan Tautan Ini Dengan Menekan Tombol Share Di Bawah :

3 comments

Kalau di jogja lebaran ketupat mas...

Lain daerah lain jga bhasa. Itulah kebhinekaan bang, hehe

whuaaa..pengen ke lombok, seru ya tradisinya

Silahkan tinggalkan komentar anda :)