Kemeriahan Lebaran Topat Di Lombok Tengah

Lebaran Topat yang disebut juga lebaran nine (perempuan) merupakan salah satu tradisi masyarakat suku Sasak Lombok yang diselenggarakan setiap tahun, tepatnya pada tanggal 8 syawal atau seminggu setelah hari raya idul fitri setelah melaksanakan puasa sunnah dari tanggal 2-7 syawal. Pada tahun 1438H/2017 ini, acara lebaran topat diselenggarakan secara serempak di Lombok pada hari ahad tanggal 2 juli, baik di Lombok Barat, Lombok Timur, Lombok Barat, Kota Mataram maupun di Lombok Utara.
Di Lombok Tengah sendiri, kegiatan Lebaran Topat dan halal bihalal dipusatkan di taman wisata pemandian Aik Bukak Kecamatan Batukliang Utara yang dihadiri oleh instansi-instansi pemerintahan se-Kabupaten Lombok Tengah dan juga masyarakat umum. Acara yang berlangsung pukul 10.00 WITA ini langsung di buka oleh Bapak Bupati Lombok Tengah H.Moh.Suhaili FT, SH. Selain itu juga kegiatan lebaran topat diisi dengan pengajian/tablig akbar. Tamu undangan dan pengunjung memadati tempat parkiran dan kebun yang ada di taman wisata pemandian Aik Bukak dan mengikuti acara ini dengan penuh khusu'.

Setelah tablig akbar selesai, Bapak Bupati Lombok Tengah yang didampingi Bapak Wakil Bupati langsung membelah ketupat raksasa yang sudah disiapkan oleh Dinas Pertanian Lombok Tengah dalam rumah-rumahan kecil yang dihiasi buah-buahan dan janur kuning, kemudian dilanjutkan dengan acara begibung (makan bersama) menikmati sajian berupa ketupat, opor telur dan ayam bakar yang sudah disiapkan menggunakan dulang. Sauasana kekeluargaanpun sangat terasa, berbaur menjalin silaturrahmi antar sesama. Sebagai hiburan dalam acara ini dimeriahkan dengan lantunan lagu-lagu religi grup nasyid, kasidah dan band.
Selain ramai dengan tamu undangan yang menghadiri acara ini, taman pemandian Aik Bukak juga dipadati oleh pengunjung yang sengaja datang ingin untuk menikmati dinginnya kolam renang Aik Bukak. Kemacetanpun tak bisa dihindari.

Mau lihat galeri Photo Kemeriahan Lebaran Topat ? Buka DISINI

Silahkan Bagikan Tautan Ini Dengan Menekan Tombol Share Di Bawah :

1 comments:

Tradisi Kebersamaan yang harus dilestarikan... demi persatuan... haseeek

Silahkan tinggalkan komentar anda :)