Robberfly Serangga Favorit Pecinta Macro

Bagi para penggemar photo macro, Robberfly merupakan obyer yang sangat menarik dan menjadi serangga favorit untuk diphoto. Sebutan lain dari Robberfly adalah Asilidae. Lalat besar ini termasuk serangga predator atau pemangsa. Memiliki kaki yang kuat dan berduri seperti belalang, memiliki tiga mata tunggal dan berbulu kaku dan rapat di bagian wajah yang disebut mystax adalah ciri-ciri dari serangga ini.

Serangga lincah ini memamngsa mangsanya dengan cara menyambar dan mencengkram kemudian menyengat dan menyuntikkan racun ke dalam tubuh mangsanya sampai lumpuh lalu menghisap semua cairan yang ada di dalam tubuhnya.

Mendapatkan serangga ini tidaklah terlalu mudah seperti mendapatkan capung,belalang atau serangga lainnya. Di Lombok sendiri ada beberapa spot yang bisa dikunjungi untuk mendapatkan serangga ini antara lain di Taman Loang Baloq Mataram, Taman Wisata Alam Kerandangan Lombok barat, Taman Wisata Alam Suranadi, Gunung Jae Kru Lombok Barat, lapangan dekat pantai Selong Blanak dan di Kebon Kupi Lantan Batukliang Utara Lombok Tengah.

Bersama teman-teman pecinta Photography Macro Lombok (Lombok Macro Mania) saya sering ikutan mendokumentasikan serangga yang satu ini dan mendapatkan jenis-jenis yang berbeda di setiap tempat. Tiarap dan nungging..... adalah hal biasa untuk untuk mendapatkan hasil yang memuaskan

Silahkan Bagikan Tautan Ini Dengan Menekan Tombol Share Di Bawah :

Silahkan tinggalkan komentar anda :)