Membuat Cover Buku Menggunakan Adobe Photoshop

Membuat buku tentunya membutuhkan cover, tentunya buku yang kita buat akan lebih menarik jika cover yang kita gunakan juga menarik. Untuk membuat cover yang menarik kita bisa mendesain sendiri menggunakan software image editing. Salah satu software yang sangat populer yang bisa digunakan adalah Adobe Photoshop atau bisa juga menggunakan CorelDraw, tergantung kebiasaan saja. Tetapi menurut saya jika mau mengedit poto lebih bebas berkreasi menggunakan Adobe Photoshop.

Ok... Untuk memulai membuat cover buku menggunakan Adobe Photoshop terlebih dahulu kita harus tahu dulu ukuran buku yang mau kita buatkan cover. Misalkan ukuran buku sebesar kertas A4, kita harus buat layer ukuran kertas A4 ditambah ketebalan buku. Misalkan ketebalan buku 1cm. , maka kita harus tambah ukuran layer 1cm. (A4+1cm.)

Langkah-langkahnya sebagai berikut :
  1. 1. Tentunya setelah buka program Adobe Photoshop, buat layer baru dengan cara mengelik Menu File lalu pilih New atau bisa langsung menekan Ctrl+N pada keyboard. Tentukan ukuran yang mau kita buat. Disini saya contohkan menggunakan ukuran kertas A4. Untuk hasil cetak yang bagus bisa menggunakan resolusi 300 Pixels. Buka kuncian layer menggunakan dengan cara mengelik tanda kunci. Aktifkan Ruler/garisan dengan menekan Ctrl+R supaya kita lebih cepat mengetahui ukuran layer. Tekan huruf V kemudian buat garis tengah dengan cara menarik/drag dari garis ke tengah.  
  2. Siapkan photo/gambar yang akan kita jadikan gambar pada cover. Open gambar (Ctrl+O) kemudian drag/tarik ke layer yang sudah kita buat menggunakan Move Tool.
  3. Buat layer baru dengan mengelik "Create New Layer" di pojok bawah paley layer. Untuk membuat warna yang sama dengan warna BG pada photo klik "Eyedropper Tool" kemudian isi dengan warna dengan memilih "Paint Bucket Tool" kemudian klik pada layer.
  4. Klik pada layer Photo/gambar kemudian sesuaikan ukurannya dengan layer BG menggunakan "Move Tool", tarik sambil menekan tombol Shift. Ini dimaksudkan untuk menjaga ukuran layer photo supaya tidak berubah seperti menjadi lonjong.
  5. Mengatur arah cahaya pada photo (gelap dan terang) dengan mengelik "Create New Fill" pada pojok bawah palet layer kemudian pilih "Gradient". Pilih "Angle untuk mengatur arah cahaya, Scale dan Style. Atur opacity sesuai keinginan.
  6. Buat layer baru lagi, klik "Create  New Layer" kemudian sleksi menggunakan "Rectangular Marque Tool" sesuai dengan ketebalan buku dan isi dengan warna menggunkan "Paint Bucket Tool" dan letakkan pas di tengah garis.
  7. Buat warna gradient lagi dengan mengelik "Create New Fill" dan gunakan warna lain. Untuk mengubah warna klik palet warna yang ada pada Tool sebelah kiri dan atur warna sesuai keinginan. Langkahnya seperti langkah ke-5.
  8. Buat tulisan judul klik huruf "T" pada tool sebelah kiri atau bisa langsung menekan huruf "T". Ubah jenis font yang akan digunakan, warna dan align (rata kiri,tengah dan kanan).
  9. Jika semua sudah selesai, langkah terakhir adalah menyimpan gambar. Pilih menu File dan pilih Save atau langsung tekan tombok Ctrl+S dan ubah Type file (save as type) menjadi JPEG. Untuk hasil maksimal pilih 12 pada Quality dan file cover siap dicetak. 
Untuk lebih Jelasnya bisa menonton Video Berikut



Silahkan Bagikan Tautan Ini Dengan Menekan Tombol Share Di Bawah :

Silahkan tinggalkan komentar anda :)