Jajanan Lebaran Khas Lombok

Setelah tuntas menjalankan ibadah puasa selama sebulan di bulan ramadhan yang penuh berkah hari kemenangan di hari lebaranpun tiba. Berkumpul bersama sanak saudara merayakan hari penuh kebahagian di hari raya idul fitri. Bermaaf-maafan bersama orang tua, saudara, teman, sahabat dan masyarakat tempat kita tinggal.

Berkumpul merayakan lebaran identik dengan makan dan minum, menikmati kue atau jajanan khas lebaran. Kebanyakan masyarakat di Lombok memiliki jajanan khas lebaran yang kebanyakan dibuat dari bahan tepung beras dan ketan. Jajanan khas masyarakat Lombok antara lain keciput, jaje tariq, Jaje bahri/matahari, dan kaliadem.

1. Keciput
Jajan ini terbuat dari bahan tepung beras yang yang dicampur dengan santan, telur dan gula. Kemudian adonan tepung dibentuk sebesar jari tangan dan ada juga yang dibentuk bundar sebesar kelereng dengan taburan biji wijen.
2. Jaje Tariq
Jajan yang satu ini terbuat dari campuran tepung beras, ketan, kanji dan di ulen dengan santan kelapa. Kemudian adonan tepung digiling tipis dan di potong kecil-kecil. Setelah digoreng ditaburi dengan gula halus.
3.Jaje Bahri/Matahari
Jajan bahri ini dibuat dari campuran tepung beras, kanji, telur, gula dan santan. Adonan tepung dibuat encer dan waktu digoreng adonan tepung dicelupi cetakan yang terbuat dari alumunium atau kuningan lalu ditaruh di kuali yang telah berisi minyak goreng yang mendidih. Jajan ini juga biasanya dibuat warna-warni dengan menambahkan pewarna makanan.
4. Jaje Kaliadem
Jajan Kaliadem ini terbuat dari campuran tepung beras dan gula merah. Setelah adonan jadi kemudian dibentuk seperti angka 8 (delapan) dengan taburan biji wijen.

Silahkan Bagikan Tautan Ini Dengan Menekan Tombol Share Di Bawah :

2 comments

Kayaknya blm pernah nyicipin semua, mau dong nyobain... Dicocol sambel enak ga....

Hehe. G pake sambal bang

Silahkan tinggalkan komentar anda :)