Islamic Center Mataram Icon Pulau seribu masjid

Selain memiliki tempat-tempat wisata alam yang sangat mempesona, pulau Lombok juga memiliki banyak tempat wisata religi yang yang bisa dikunjungi seperti masjid kuno di daerah Bayan Kabupaten Lombok Utara, makam Wali Nyatoq di daerah Rembitan Lombok Tengah, makam Tuan Guru Lopan di Ketak kecamatan Kopang Lombok Tengah, makam Kramat di Batu Layar Lombok Barat, makam Loang Baloq di Mataram, makam TGH. Maulanassyeh Zainuddin Abdul Majid Di Pancor Lombok Timur, makam selaparang di kecamatan Swela Lombok Timur, dan banyak lagi tempat-tempat yang lain.

Yang tak kalah menariknya adalah Islamic Center yang berada di jantung ibu kota provinsi Nusa Tenggara Barat di Mataram. Islamic Center merupakan icon pulau Lombok yang dijuluki pulau seribu masjid. Islamic Center sendiri dibangun di masa kepemimpinan gubernur Dr. TGH. M. Zainul Majdi yang oleh masyarakat Lombok dikenal dengan sebutan Tuan Guru Bajang (Kiyai Muda) cucu dari TGH. Maulanassyeh Zainuddin Abdul Majid Di Pancor Lombok Timur. Pembangunan gedung Islamic Center ini bersumber dari APBD dan dana CSR PT. Newmont bertempat di lahan seluas 7,6 hektar di jalan Langko dan Udayana bersebelahan dengan masjid Agug Mataram.



Bangunan megah ini memadukan karakteristik bangunan tradisional Lombok Sumbawa dan arsitektur Timur Tengah. Bangunan Islamic Center ini dilengkapi dengan menara yang menjulang tinggi dengan ketinggian 99 meter sesuai dengan bilangan Asmaul Husna (nama Alloh). Menara ini dibuka sebagai obyek wisata untuk melihat wajah kota Mataram baik siang maupun malam.

Bangunan Islamic Center ini diresmikan pada hari Senin tanggal 12 September 2016 atau bertepatan dengan hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Kurban 10 Dzulhijjah 1437 Hijriah. Seperti namanya, Islamic Center akan dijadikan sebagai pusat kegiatan peradaban agama islam di NTB. Di Islamic Center juga terdapat masjid yang bernama Masjid Hubbul Wathan yang berarti cinta tanah air. Kegiatan yang bertaraf nasionalpun pernah dilakukan di tempat ini yaitu kegiatan MTQ Nasional ke XXVI Tahun 2016 lalu.

Baru-baru ini juga Selasa, 16 Mei 2017 duta Besar Amerika untuk Republik Indonesia, Joseph R. Donovan beserta sang istri Mei Chou dan Ibu Konsul Jenderal AS di Surabaya, Heather Variava rombongan berkunjung ke Islamic Center didampingi langsung oleh Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi dan Ibu Hj. Erica Zainul Majdi.


Sedangkan pada bulan romadhon 1438 H. tahun ini empat imam besar dunia dihadirkan menjadi imam sholat tarawih di Islamic Center Mataram  Keempat imam tersebut adalah Prof. Dr. Syeikh Khalid Barakat dari Lebanon, Syeikh Ezzat eL-Sayyed dari Mesir, Syeikh Mouad Douaik dari Maroko, dan Syeikh Ahmad Jalal Abdullah Yahya dari Yordania. Selain itu juga panitia pelaksana akan mengadakan sebuah event festival khazanah romadhon 2017, yang diselenggarakan sejak tanggal 25 Mei sampai 26 Juni 2017 ini

Silahkan Bagikan Tautan Ini Dengan Menekan Tombol Share Di Bawah :

7 comments

MasyaaAllah. Semoga saya bisa ke sini suatu saat nanti

Amiin. Ditunggu di Lombok ukhtii

Ini nih yang aku pengen kesini. Ternyata kalau malem lebih cantik. Harapanku pengen bisa kesini, kebetulan ada teman juga di Lombok :)

Ditunggu bang ๐Ÿ˜€

Subhanallah, keren banget masjidnya. Jadi berasa pengen kesana juga. Nah di islamic centre tuh dalamnya apa aja mas selain masjid?

luar biasa ya, keren masjidnya, kalau ke Lombok mampir ke sana, ah

Bunda ajak anak-anak ke sana kayaknya seru yaa

Silahkan tinggalkan komentar anda :)