Musholla Ridwan Musholla Unik Di Desa Pakuan

Salah satu tempat wisata religi di Lombok Barat bertempat di dusun Jurang Malang Desa Pakuan Kecamatan Narmada. Di sebuah dataran tinggi di pinggir jalan menuju taman wisata hutan lindung Sesaot berdiri sebuah Musholla yang begitu unik yang bernama Musholla Ridwan atau biasanya di sebut dengan musholla Tionghoa. Tidak seperti musholla-musholla pada umumnya, bentuk musholla ini seperti wihara dengan cat didominasi dengan warna merah dan kuning keemasan.

Musholla ini disebut musholla Tionghoa oleh kebanyakan orang karena pendirinya adalah  seorang keturunan Tionghoa bernama Ang Thian Kok yang mendapat hidayah bersama isterinya Tee Mai Fung setelah bermimpi didatangi oleh sejumlah kiyai ke rumahnya dan begitu juga dengan isterinya bermimpi mengucapkan dua kalimah Syahadat (Bersaksi tiada tuhan selain Alloh dan bersaksi bahwa nabi Muhammas SAW. adalah rasul Alloh) sehingga mereka berdua menjadi muallaf (memeluk agama islam) pada tanggal 18 mei 1989. Nama Ang Thian Kok dan Tee Mai Fung pun berubah setelah memeluk agama Islam dan menyempurnakan rukun islam yang ke lima yaitu ibadah haji menjadi H. Muhammad Maliki dan isterinya Hj. Siti Fatimah.

Mimpi didatangi kiayipun terwujud, setiap malam kamis didatangi ke rumahnya yang berada di Selagalas oleh setidaknya 200 orang yang mengikuti pengajian yang dipimpin oleh kiyai/tuan guru yang bukan hanya dari Mataram, tetapi dari Lombok Barat,Lombok Tengah dan dari Lombok Timur juga. 

Dengan memanfaatkan harta yang dimiliki, H.Muhammad Maliki-pun mendirikan dua buah musholla yang desaiinya seperti bangunan-bangunan yang berada di negeri China yaitu musholla Ridwan di Jurang Malang dan musholla Abubakar Siddik yang berada di dusun Sangiang Desa Langko Kecamatan Lingsar Lombok Barat.

Ide awal pembuatan musholla dengan arsitektur seperti ini aadalah dari majalah yang diterbitkan oleh Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) paada tahun 2009 yang menampilkan masjid unik yang didirikan oleh yayasan H.M. Cheng Hoo di Surabaya Jawa Timur. 

Bangunan musholla Ridwan yang berukuran kurang lebih 10m2 ini didirikan pada tahun 2010. Untuk menuju musholla ini kita harus menapaki beberapa tangga yang dikelilingi oleh taman indah pohon cemara di kiri  dan kanan dan di sebelah kiri tangga tersedia tempat whudu'. Sedangkan di halaman musholla ini terdapat juga berugak (gazebo) tempat peristirahatan para pengunjung.
Dan yang tidak kalah menarik dan uniknya adalah yang melangsungkan pernikahan di tempat ini akan diberikan hadiah berupa kambing atau dengan hadiah lainnya.

Kiindahan musholla ini bertambah dengan adanya tulisan kaligrafi arab dan tepat di atas pintu bertuliskan nama musholla yang diapit dengan tulisan Alloh dan nabi Muhammad. Selain itu juga ada tulisan " Biarpun jauh seperti dekat" di sebelah kiri pintu dan tulisan "Manusia di seluruh dunia semua bersaudara". Sedangkan di dalam merupakan ruangan tempat melaksanakan ibadah sholat lengkap dengan mimbar (tempat iman). Di tembok ruangan juga terpajang sejarah awal mula pendiri musholla ini.
Selain menjadi tempat ibadah, tidak sedikit juga pengunjung mengabadikan kunjungannya di tempat ini dengan berphoto ria.
Silahkan Bagikan Tautan Ini Dengan Menekan Tombol Share Di Bawah :

Silahkan tinggalkan komentar anda :)