Program Desa Pagutan "Mantap" (Mandiri,Aman dan Terampil) tahun 2017-2018

Desa Pagutan merupakan salah satu desa di kecamatan Batukliang. Desa yang berdiri sekitar tahun 1969 ini kini banyak kemajuan baik dari segi fisik kantor desa maupun pembenahan-pembenahan pada administrasi perkantoran. Dengan kemampuan yang dimiliki maka pemerintah kecamatan batukliang menunjuk desa Pagutan untuk mengikuti lomba yang diselenggarakan oleh pemerintah kabupaten Lombok Tengah, Tepatnya kemarin tanggal 26 April 2017.
Program yang dimiliki oleh desa yang dipimpin oleh Syamsul Rizal, SH. ini cukup banyak diantaranya adalah "Pemanfaatan Lingkungan/Pekarangan sebagai ketahan pangan keluarga" dengan penanaman sayur-mayur menggunakan polibek. Selain bisa dikonsumsi sendiri, bisa juga untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Sedangkan untuk polibek sendiri diberikan secara percuma oleh kepala desa Pagutan.
Selain itu juga Kepala Desa Pagutan mengelompokkan dusun-dusun yang ada di desa Pagutan sesuai dengan keadan dusun tersebut. Misalnya Dusun Lembok Daye dan Lembok Lauk diplot menjadi dusun peternak sapi. Sedangkan dusun Pagutan Utara dan Pagutan Selatan dijadikan sebagai dusun kuliner. Kemudian Dusun Pesinggrahan dijadikan sebagai dusun tempat pengembangan/budidaya kelinci, ayam dan sebagai dusun budaya.
Kemudian untuk dusun Lendang Buwuh dijadikan sebagai dusun unggas (bebek) dan pertanian hultikultura. Sedangkan dusun Sangkawana dijadikan sebagai desa unggas dan dusun Sangkawati akan dijadikan sebagai pusat pasar kuliner dan dusun gerabah.
Dusun Lendang gocek dijadikan sebagai dusun peternak kambing dan akan dijadikan sebagai dusun yang akan memiliki tempat pemancingan yang terintegrasi dengan lesehan dan tempat bermain anak-anak. 
sedangkan dusun lainnya yaitu Gubuk Baru,Genteng,Tunjang Timur,Tunjang Barat dan Tunjang Utara akan dijadikan sebagai pusat kerajinan alang-alang dan berugak. 

Silahkan Bagikan Tautan Ini Dengan Menekan Tombol Share Di Bawah :